Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) adalah wadah pemersatu umat Islam etnis Tionghoa di Indonesia yang didirikan Abdul Karim Oei Tjeng Hien dan Kho Goan Tjin.

Sebelum kemerdekaan, ada wadah Persatuan Islam Tiong Hoa yang dipimpin Abdulsomad Yap A Siong dan Persatuan Muslim Tionghoa (PMT) yang diketuai Kho Goan Tjin. Dulu, organisasi yang berbasis di Medan dan Bengkulu ini masih bersifat lokal, sehingga manfaft dan greget wadah ini belum dirasakan oleh kalangan muslim Tionghoa khususnya, maupun Muslim Indonesia umumnya.

Untuk mengembangkan sayap ukhuwah islamiyah di kalangan muslim Tionghoa, PIT dan PTM kemudian bergabung dan bermetamorfosis menjadi satu wadah dengan nama Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI). Organisasi ini berdiri sebagai tanggapan realistis atas saran Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah K.H Ibrahim kepada Abdul Karim Oei untuk menyampaikan agama Islam kepada etnis Tionghoa harus dilakukan oleh etnis Tionghoa yang beragama Islam.

Dalam perjalanan sejarahnya, PITI mengalami masa perubahan pada era Orde Baru. Setelah meletusnya Gerakan 30 September (G-30-S). Indonesia kembali menggalakkan gerakan pembinaan persatuan dan kesatuan serta nation and character building. Simbol-simbol yang menghambat pembaruan seperti istilah, bahasa dan budaya asing, khususnya Tionghoa, dibatasi dan dilarang oleh pemerintah.

PITI juga terkena dampaknya. Pasalnya, nama Tionghoa pada kepanjangan PITI dilarang. Tetapi, berdasarkan pertimbangan bahwa gerakan dakwah di kalangan masyarakat etnis Tionghoa harus tetap berjalan, maka pada tanggal 15 Desember 1972, pengurus PITI mengubah kepanjangan PITI menjadi Pembina Iman Tauhid Islam.

Ketika kran keterbukaan pada zaman Presiden Abdul Rahman Wahid alias Gus Dur dibuka kembali, termasuk diakuinya Hari Raya Imlek sebagai hari libur resmi. Maka pada Mei 2000 dalam rapim organisasi ditetapkan kepanjangan PITI dikembalikan ke semula menjadi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia. 

Secara umum, organisasi PITI memiliki visi mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil alamin.  Adapun misinya dibagi menjadi tiga : mempersatukan muslim Tionghoa dengan muslim Indonesia, Tionghoa muslim dengan Tionghoa nonmuslim, serta etnis Tionghoa dengan umat Islam di Indonesia.

Pada intinya, PITI ingin menjadi jembatan bagi kerukunan masyarakat asli (pribumi) dengan warga keturunan Tionghoa, baik itu muslim atau nonmuslim. Sebab, sejatinya kita semua bersaudara. Jangan sampai dengan perbedaan, kita terpecah belah. Apalagi, Islam mengajarkan untuk menghargai perbedaan di antara sesamanya.

Program kerja PITI sendiri, antara lain, menyampaikan dakwah islam, khususnya kepada masyarakat keturunan Tionghoa dan pembinaan dalam bentuk bimbingan, kepada muslim Tionghoa dalam menjalankan syariah islam, baik di lingkungan keluarganya yang masih nonmuslim dan persiapan berbaur dengan umat Islam di lingkungan tempat tinggal dan pekerjaannya, serta pembelaan/perlindungan bagi mereka yang karena masuk agama islam, untuk sementara mempunyai masalah dengan keluarga dan lingkungannya.

PITI sebagai organisasi dakwah sosial keagamaan yang berskala nasional yang berfungsi sebagai tempat singgah, tempat sillahturrahim untuk belajar ilmu agama dan cara beribadah bagi etnis Tionghoa yang tertarik dan ingin memeluk agama islam, serta tempat berbagi pengalaman bagi mereka yang masuk islam.

(Sumber dari : Majalah China Town, Edisi 59 / VI / SEPTEMBER 2012)

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H
Keluarga Besar Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI Jatim) mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon .....
more detail
Hari Ulang Tahun Jawa Pos
Keluarga Besar Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Jatim mengucapkan selamat ulang tahun Jawa Pos yang ke-65.

Semoga Tetap Jaya

more detail
Ucapan duka cita PITI Jatim & Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia
Keluarga besar Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Jawa Timur & Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga .....
more detail
Archives News
«
August - 2014
»
Sun Mon Thu Wed Thu Fri Sat
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31
Holiday
Event
Pengajian Rutin
Melalui newsletter anda dapat memperoleh informasi terbaru mengenai aktifitas Persatuan Islam Tionghoa Indonesia secara online!
www.moslemtionghoa.com
Home  |  About Us  |  Galleries  |  Articles  |  News & Event  |  Profile  |  Business Net  |  Sitemap  |  Contact Us
© 2007-2014 Persatuan Islam Tionghoa Indonesia. All Right Reserved.